#BlogArchive1 .widget-content{ height:200px; width:auto; overflow:auto; }

Monday, October 29, 2012

Jomblo Akut

Hufft entah apa yang sedang ada di fikiran ku saat ini. Semua suasana di kota ini membuat ku terperangah. Mall? Taman kota? Café? Tongkrongan muda-mudi? Perpustakaan umum? Rumah temen? S E M U A N Y A, ya semuanya rata-rata berisi sanak muda-mudi yang sedang asik berduaan, bergandengan mesra, saling tatap-menatap, UHH itu semua membuatku geli, emang harus ya? Setiap SatNight (Re:Malem-Mingguan) terus keluar, jalan bareng, nge-date sama do’I masing-masing? Harus gituuu? Terus apa kabar kita si Jomblo ha? Apa kabar jomblo yang barusan patah hati? Apa kabar jomblo yang lagi nungguin do’I putus sama pacarnya? Apakabar jomblo yang lagi mengharapkan belas cinta dari do’i? apakabar jomblo yang udah akut special akut..kaya aku? Apa kabar mblooo? Upss sepertinya aku terlalu mendramatisir banget tentang cerita ini..dan sepertinya aku mulai merasa kalau aku sendiri yag jadi peran utama di cerita ini..*pukpuk

“Hallo?Hallo?Siapa nih?.......”
“Cha! Lo dimana? Nge-date bareng yuk! Gue baru dapet gebetan baru nih, anak orang sadap bro, gue tunggu di café biasa kita nongkrong, Cepeeeeet GPL”(Re:GakPakeLama) *bukan obat urut yah.. ingeet!

aku? Di ajak nge-date? Double date yekali..tapi aku mau jalan sama siapa? Yang ada aku jadi kacang goreng tuh diantara si Shella sama gebetan barunya! Kadang aku bingung? Kadang aku heran? Dan kadang aku penasaran.. secepet itukah si Shella Move-on dari pacarnya, padahal mereka baru putus sekitar seminggu yang lalu. Begitulah nasib cewek cantik, tenar, dan memiliki apapun yang dia mau. Takdir seseorang berbeda Cha! Nikmatin hidup lo! *haphaphaphap

Cantik? aku gak kalah cantik kok sama si Shella *tsah seenggaknya itu pujian dari nyokap waktu aku umur 5 tahun* dan sekarang aku beranjak remaja-dewasa labil, sekitar 16 tahun, berarti itu pujian uda expire date? Yang bener aja……… Hufft mblo mblo nasib mu malang sekali.. *pukpuk
Tapi kayaknya, bukan aku doang sih yang ngerasain jadi jomblo akut? Yekaaaan? Kamu? Kamu? Lo? Lo? Anda? Ente? You? Sampeyan? Anjeun? Yang lagi baca ini cerita pasti juga perna ngerasain kan yang namanya Jomblo Akut? Duh nyesek kan mblo? Duh ngarepin si do’I tapi do’I lagi jalan bareng tuh sama gebetannya, aku mau makan ku ingat do’I, aku mau tidur juga ku ingat do’I, yekaaaaan? Suaraku cukup bagus lah untuk menghantui tikus-tikus yang berkeliaran di sekitar rummah lo pada.

Tapi menurut buku yang pernah aku baca nih ya, jomblo itu gak salah kok. Jomblo itu lebih berharga ketimbang cowok/cewek yang punya pacar, eh baru sebulan jadian putus, eh seminggu kemudian dapet gebetan lagi? Emang lu kira kitakita ban serep? Nah kan kebukti jomblo itu mahal.. B-) mau nyengkal apalagi? Mau galau kenapalagi? Mau sedih kenapalagi? Kalau Bapak Motivator aja udah bela-belain kita “kejombloanmu itu bisa mendatangkan inspirasi, Jomblo-lah!” katanya- Nah kata Pak Ustad nih “Kalau kalian Jomblo berarti Tuhan ingin kalian bersabar” tukaaaan? Gak usah galau-galau akut deh! Galau yang biasa aja uda bikin lo pada nangis darah guling-guling, salto sambil bilang WAW kan?.. capek mblo…*pukpuk

“Chachaaa hari ini ucapara kan? Hari ini kamu ujian kan? Hari ini kamu berangkat naik sepeda ya? Cepetan bangunnnnn!”. Pyaar Mama plisss ini masih jam enam dan mendadak aku ngerasa ada orang lagi demo di rummah ku sambil bawa spanduk “turunkan harga beras”. Huft dengan langkah yang amat berat, berjalan perlahan menuju kamar-mandi dan sampai di bak kamar mandi, aku ketiduran lagi, lagi, dan lagi…

“AAA tsunami, banjir!” lagi-lagi tidur nyenyak ku terganggu, dan lagi-lagi jam beker menunjukkan waktu pukul 06.45
“Mamaa kok mama nyiram Chacha sih? Ih mama tega banget!” ujarku sembari bergegas menggosok gigi dan mengambil handuk untuk mandi.
“Kalaupun mama gak nyiram kamu hari ini? Pasti kamu uda telat kan? Kamu hari ini naik sepeda cha, pak supir sementara gak bisa anter kamu soalnya anaknya lagi sakit, cepetan siap-siap, hari ini ujian, hari ini upacara” Fiuuh kenapa anaknya harus sakit sih pak? Emang sakitnya gak bisa di tunda dulu gitu? Plisss deh. Batinku.

Loh? Kok gak upacara? Kenapa nih? Wih hari keberuntungan nih. Batinku.
“Dasar anak ndak niat sekolah, berangkat sekolah kok kerjaannya telat mulu. Huh!” Ujar pak satpam dengan logat jawanya yang masih amat kental sembari membukakan pintu pagar sekolah untukku.
“Tumben nih pak mau bukain pintu? Kangen ya pak sama saya? Makasih loo pak! Haha.. btw, matur sembah nuwun bapake (Re:Trimakasih Pak)” Ujarku sembari cengar-cengir kuda dan dengan bangga menuntun sepeda fixie-ku, dan berharap meski gak upacara, guru-guru telat masuk kelas, Amien *jangan ditiru ya ceman-ceman*.
“Hoalah mbak chacha mbak chacha, kok ndak punya takut sama guru-guru di sekolah sini ya” ucap bapak separuh baya itu sembari mengegeleng-gelengkan kepalanya seraya menutup pagar sekolah.

Perlahan aku mengendap-endap ke arah kelasku. Berlari perlahan menaiki tangga demi anak tangga yang entah kapan habisnya. Lantai 3 bro? iyalah nafasku mulai habis tak terarah. Aku mulai mendekati daun pintu kelasku perlahan, mengintip perlahan, dan sialnya…..

“Chacha masuk kamu, kerjaannya telat terus, mau jadi generasi muda seperti apa kalau kelakuannya seperti kamu?” Ucap guru yang sedang menulis di papan tulis itu dan tiba-tiba terhenti karna kedatanganku. Dengan sigapnya melemparku dengan spidol yang ada dalam genggamannya. Huh penganiyayaan dalam sekolah. Aduin Mas Seto huh!.
“Ya saya pengen jadi motivator bu”. Ucapku sembari membenarkan kerah bajuku. Tsah biar keren dikit kenapa. Gakboleh? Gaksuka? Sukasuka gue dong B-)
“Motivator? Motivator macam apa kamu ini? B.indonesia nilai 7, Ips nilai pas-pasan”
“Motivator buat para Jombloan dan para Jomblowati di seluruh dunia, haha” ucapku seketika. Suara gelak tawa teman sekelasku mulai terdengar, semuanya tertawa tanpa henti. Emangnya aku lagi ngelawak? Huh. Seketika mereka terdiam sepi ketika bu Ninis mulai mengerdipkan sebelah matanya sinis. Ups :x
“Tuhkan cha, makanya punya pacar dong, biar ada yang ngingetin kalau bangun pagi, biar ada yang ngingetin kalau ulangan, biar ada yang anter jemput gitu, perubahan drastis deh kalau elo nya punya pacar”. Ucap Shella sahabatku, yang sedari tadi asik mengoceh tanpa henti, meskipun ocehan itu ditujukan untukku. Tapi, dengan santainya aku perlahan menyruput es jeruk yang ada di hadapanku tanpa menghiraukan Shella. Bener kan? Enakan minum es jeruk, daripada dengerin celotehan si Shella. Huh

“Chachaaa dengerin dong! Kamu tau gak tadi aku ngomong apa?” Ujar Shella yang sepertinya mulai kesal, karma tak sedikitpun aku menghiraukan celotehannya. Aku hanya mengangguk-angguk sembari menikmati pemandangan kantin sekolah. Yang penuh dengan kios-kios bakso, soto, mie ayam, nasi goreng, es teh, jus jeruk. Nyam-nyam :9

Huh setiap ketemu Shella pasti itu-itu aja yang di bahas, pacaran. Gebetan. Cowo baru. Blablablabla.. Miris memang, ketika sahabat kita yang tenar, seksi, cantik abis jadi idaman semua cowok, sedangkan kita sahabatnya seolah hanya menjadi dayang-dayangnya. Ih ogah lah! Hapus pikiran itu hapus. Hapusss.. Nah tuhkan kejadian beneran……..

“Eh shella, udah makan?abang traktir ya, mau makan apa?” Ujar seorang pemuda yang tibatiba menghampiriku dan Shella. Ih abang?cih apa banget. “Boleh, biar si Chacha ya yang milih makanannya” Ujar Shella sembari memberi isyarat padaku. Wajah pemuda itu tiba-tiba mulai gugup, berkeringat deras, pasti dia bakalan tau apa yang akan aku lakukan. Haha, salah siapa sekarang? Cewek manis unyu kaya gini di kacangin.. *Tsah.

“Umm eng enggak jadi deh Shell, kapan-kapan aja ya, dompet abang ketinggalan nih di rumah” cowok itu terlihat lari terbirit-birit, haha. Huft padahal kan lumayan mau dapet makanan+minuman gratis. Mumpung gratis. Inget? Gratis. Aku dan shella hanya tertawa tanpa henti melihat tingkah serta ekspresi cowok sok cool itu. Haha. Mau nraktir kok milih-milih.

Seharusnya, ya seharusnya aku menyadari sih tentang malam ini, tentang bagaimana tibatiba malem ini itu udah malem minggu lagi. Meski lagi musim kemarau, entah kenapa malem ini turun hujan yang amat deras. Sesekali suara petir yang amat keras terdengar hingga gendang telingaku mulai bergetar. Sepertinya pohon mangga depan rumah pun juga bakalan tumbang kalau petirnya terus-terusan menggelegar. Sepertinya Tuhan memang adil dengan para jombloan dan jomblowati sepertiku. Haha kasian deh yang mau pacaran. Eh Hujan.. Sepertinya aku mulai menjadi tokoh penyihir jahat dalam serial Putri Salju nih. Tidaaaaaak!..

Sejenak aku terdiam di depan jendela kamarku sembari menatap hujan itu dalam-dalam. Hujan ko diliatin? Hujan duit noh baru deh berani keluar rumah tiap hari. Tapi.. hujan kali ini tiba-tiba membuatku teringat akan seseorang sekitar 6 tahun yang lalu dalam hidupku. *Dramatis*. Membuatku teringat akan masa kecilku yang selalu ceria ketika bersamanya, selalu tertawa dengan banyolan khasnya itu, selalu tersenyum ketika dia mulai membacakan lembar demi lembar pantun aneh yang ditulisnya waktu itu. AAA galau lagi deh. Cuss update twitter dulu yuk. “@Chachaaaa : Oh Damn ujan deres ngingetin gue sama seseorang yang bener-bener bikin nyesek, sekitar 6tahun yang lalu dalam hidup gue, lo disana apakabar?lo pasti uda lupa kan sama gue.haha :’’)” Huft aku terlelah, aku terlelap dalam pangkuan empuk pulau kapuk dalam kamarku.ter dulu yuk. "membacakan lembar demi lembar pantun aneh yang ditulisnya waktu itu. AAA galau lagi deh. cuss selalu t

“Chacha tumben udah siap?” ujar mama sembari membuatkan roti bakar untukku.
“Yadong, anak mama yang paling unyu ini kan emang rajin banget” Sedang asik bercanda gurau dengan mama, tibatiba ada seseorang yang entah siapa itu identitasnya, menekan tombol bel rummaku, dan membuatku penasaran.

Aku membuka pintu rummaku perlahan. Oh Cuma sales. Eh salah……
“Ini benar rummahnya Mbak Chacha Ayu Putri?” ucapnya sembari membawa sekumpulan mawar indah dalam genggamannya. Aku hanya mengangguk dan heran dengan kiriman mawar ini. Dengan perlahan mawar itu ku raih dan sesungguhnya aku masih penasaran dengan mawar ini. “Ada kartu ucapan. Hmm?” batinku sembari mengerutkan sebelah alisku.

Kenapa harus sedih? Kenapa harus malu? Dan kenapa kamu harus galau? Gak usah sedih kalaupun kamu jomblo, suatu saat pangeran berkuda putih kamu pasti datang. So, hwaiting for your prince Cha.
-S.A.-

Hah? Ini niat ngasih bunga mawar atau ngeledek sih? Pakek ngatain jomblo lah?pangeran berkuda putih lah, ah gak beres nih anak. Tapi, darimana dia tau kalau aku suka mimpi’in cowok yang aku suka itu datang pake kuda putih? Ini aneh? Yang tau kan Cuma Shella?. Jangan-jangan…..

To : Shella
Shell lo jahat banget sih miapah, barusan ada yang ngirimin gue bunga, terus nyinggung tentang jomblo akut gue sama pangeran impian gue masa kecil? Itukan semua yang tau Cuma antara gue sama elo? Ih lo ember nih ya?

Aku masih terdiam duduk diantara deretan boneka kesayanganku, memandangi bunga mawar merah yang tampak indah dan menawan. Berfikir. Mengingat. dan mencoba berfikir sekeras mungkin dari siapa tangkai demi tangkai mawar indah ini? Aku masih nampak kebingungan. Ah sudahlah!.

Cuit-Cuit Sms…

From : Shella
Ihh asal nuduh bangeet sih lo Cha, ya gue mana tau mawar itu dari siapa, emang sih itu rahasi yang tau Cuma kita berdua, tapi kan dulu lo pasti juga punya temen masa kecil kan? Coba deh lo inget-inget dulu siapa temen masa kecil lo itu, barangkali dia juga pernah tau kan tentang impian masa kecil lo itu?udah deh, harusnya lo sekarang ngerasa bangga, berarti lo masih ada yang suka di dunia ini. Haha. Ampuun.. :Dv

Tibatiba getaran dari ponselku cukup membuatku terbangun dari tidurku yang lelap. Meskipun aku tau kalau pun harus curhat ke shella, bukannya solusi atau pendapat yang di dapat, melainkan sebaliknya. Mau coba? Jangan deh entar kalian pada setres. Cukup aku aja yang ngerasain *wetsah.

“Cha bangun ada kiriman bunga nih, aduh anak mama ada yang ngefans juga ya ternyata” Plis deh ini seolah-olah orang sedunia itu ngeremehin aku banget ya? Hee sebenarnya aku itu cantik, Cuma, yah aku kan anaknya rendah hati gitu.. *lupakan.
“Dari siapa mah?” ucapku malas sembari menguap dan  mencoba menarik selimutku kembali. “Entahlah” ujar Mama sembari tersenyum dan membiarkan kiriman bunga itu berada di samping bantalku.

Jika cinta tak tergapai bebaskanlah dirimu. Selanjutnya biarkan hatimu sendiri yang memilih untuk siapa nantinya kursi hatimu itu akan ditempati. :)
-S.A.-

“AAA dia lagi, S.A inisial S.A?duh siapa sih S.A. itu? Huh bikin ribet aja, dih bodo amat, gue gak peduli sama ini bunga, cuekin cha cuekin”

“Pagi mbak chacha?tumben nih ndak telat?lagi fallinlove ya?hehe” ujar pak Satpam menebak. Huh pada sok tau semua nih ya orang-orang pada. Emangnya gak boleh chacha berubah jadi cewek yang rajin? Pinter? Mulai aneh deh sama sikap orang-orang. Biasanya aja aku lewat semua cuek, gak nanggepin, ngeledek. Sekarang? Seolah ada bidadari lewat aja deh, duh aku jadi maluu..hihi
“Cha ngapain lo senyum-senyum sendiri?Haha, gila ya lu?”
“Eh daripada ngeliatin si Chacha gila ini, tuh mending ngeliatin si Shella yang di belakangnya, udah cantik, seksi bener!” What? Jadi daritadi mereka itu bukan ngeliatin aku?tapi ngeliatin Shella yang daritadi ada di belakangku? Ha? Oh damn kenapa gak ada yang ngingetin sih! Malu-malu-malu bangeeet ini. Hfft. L

“What?bunga lagi?” ujarku sembari mengambil setumpuk tangkai mawar merah yang tergeletak di atas bangku-ku. Aku mulai melirik perlahan satu-persatu teman sekelasku, namun sepertinya, pengirim bunga ini bukan salah satu dari mereka. Mereka kan culun? Aneh? Sedangkan pengirim bunga ini kayanya sih ya cool, ganteng, keren, romantis pula. Jelas bukan tipikal mereka banget lah!

Belajar menghargai cinta, membuatku lebih menghargai hidup. Menguatkan langkahku untuk terus maju. Menentramkan hatiku karna cinta merupakan suatu anugrah yang tak layak di pungkiri. Sama sepertimu Cha.
-S.A.-

Aku mulai terbiasa dengan kiriman bunga ini setiap harinya, di rumah, di sekolah, di tempat les, di taman, entah siapa pengirim bunga misterius ini? Entah apa tujuannya mengirim bunga ini untukku? Hanya untuk meledek-ku? Ya, itu mungkin. Ikatan jomblo akut kaya aku gini, mana mungkin sih ada cowok yang tertarik? Ha? Dengan wajah yang ya huh pas-pasan lah *Alhamdulillah sadar* aku mulai pesimis, aku mulai malas untuk penasaran lagi dengan siapa pengirim bunga ini. Aku mulai memantapkan langkahku. Aku mulai berfikir logis. Kenapa harus galau? Kenapa harus sedih? Kita masih muda kok. Masa depan pun masih panjang. Sekolah belum lulus aja uda cinta-cinta’an. Begitulah kata mama. Fih apa banget. Mungkin aku belum cukup umur untuk memikirkan hal-hal semacam itu. Mungkin aku harus lebih bisa membuat papa sama mama ku bangga dahulu dengan prestasiku. Selama ini pun prestasiku turun dratis hanya karna “Jomblo Akut” Aku! Harus bisa hapus nama jelek itu yang uda melekat banget di namaku. Tapi susah?:( Okee kata mama jangan pernah menyerah sebelum kita berperang. Ya Aku Pasti Bisa!.

Aku muali memantapkan hati. Aku mulai berdiri dan pulang dengan semangat baru. Tapi tiba-tiba…

Pernahkah kamu berrfikir? Pernahlah kamu merasa? Bahwa sesungguhnya bidadari kecil ku itu kamu. Pernahkah kamu berfikir sejenak, ketika tangkai demi tangkai mawar itu datang menghampirimu setiap saat. Pernahkah kamu berfikir tentang aku di dalam mawar itu? Pernahkah? Mungkin tidak, pernahkah kamu mengingatku sejenak, setelah 6 tahun kita berpisah, setelah 6 tahun yang lalu kita berbagi suka maupun duka bersama. Ingatkah kamu tentang semua itu? Kuharap kamu tak kan pernah melupakannya. Begitu juga denganku. –S.A.-

Ha? Itu? Itu? Itukan? Suaraaa. Ya itu suara pangeran kecil impianku, sekitar 6 tahun yang lalu dia pergi karma kedua orangtuanya harus cerai, dan dia lebih memilih untuk tinggal dengan bunda-nya. Bundanya pun lebih memilih untuk pergi ke Surabaya, dimana tempat kakek dan neneknya tinggal. Tapi sekarang? Dia kembali? Benarkah itu dia? Benarkah? Aku rasa ini hanyalah mimpi semata? Aku rasa ini hanyalah imajinasiku semata. Aku mencubit pipiku perlahan. Dan ternyata benar, ini bukan hanya khayalan, ini bukan hanya mimpi, ini bukan hanya imajinasiku semata, tapi ini ada realita “Cinta itu lebih indah ketika dia menjadi suatu realita, bukan hanya sekedar imipian, imajinasi, maupun khayalan semata”.

Lelaki itu memelukku perlahan dari areah belakang. Wuih sosweet. Oh God entah apa yang harus ku ucapkan kembali setelah bertemu dengannya. Entah kenapa bibirku menjadi biru, menjadi kaku, aku bingung, aku tak tau apa yang harus ku ucapkan, selain kata “I miss you, you know, Aku masih mencintaimu sampai sekarang ini” pelukan hangatnya pun semakin keras, seolah dia juga ingin mengatakan seperti itu padaku. Huhu :’3

Yeey aku pulang dengan predikat status berpacaran, udah gak galau dong, udah lebih ceria, udah lebih bisa bersikap dewasa, mwihihi.. ssttt gak boleh iri. Inget kan? Jomblo bukanlah status selamanya, tapi hanya sekedar banyolan orang iseng kok, suatu saat pangeran ataupun ratu penjaga hati kalian bakalan datang, dan inget “Cinta itu tak terduga, entah dari waktunya, orangnya, maupun suasananya” ;;))  



No comments:

Post a Comment